[Resensi] Sunshine Becomes You by Ilana Tan

13232499

Sinopsis

“Walaupun tidak ada hal lain di dunia ini yang bisa kaupercayai, percayalah bahwa aku mencintaimu. Sepenuh hatiku.”

Ini adalah salah satu kisah yang terjadi di bawah langit kota New York…

Ini kisah tentang harapan yang muncul di tengah keputusasaan…

Tentang impian yang bertahan di antara keraguan…

Dan tentang cinta yang memberikan alasan untuk bertahan hidup.

Awalnya Alex Hirano lebih memilih jauh-jauh dari gadis yang ituβ€”malaikat kegelapannya yang sudah membuatnya cacat. Kemudian Mia Clark tertawa dan Alex bertanya-tanya bagaimana ia dulu bisa berpikir gadis yang memiliki tawa secerah matahari itu adalah malaikat kegelapannya.

Awalnya mata hitam yang menatapnya dengan tajam dan dingin itu membuat Mia gemetar ketakutan dan berharap bumi menelannya detik itu juga. Kemudian Alex Hirano tersenyum dan jantung Mia yang malang melonjak dan berdebar begitu keras sampai Mia takut Alex bisa mendengarnya.

*****

Akhirnya, kesampaian juga baca novel best-seller yang satu ini. Karena terbitnya udah dari kapan tahun, aku yakin banyak dari kalian yang sudah tahu jalan ceritanya. Jadi, di resensi kali ini, aku tidak akan menuliskan rangkuman ceritanya ya πŸ™‚

Berkali-kali aku bilang aku nggak suka novel yang sad-ending, soalnya aku tipe yang susah move on setiap kali selesai baca novel, apalagi novel yang ceritanya emang keren. But this one… this one is so d*mn beautiful. Makanya aku nekat aja nerusin novel ini meski tau resikonya. Mau gimana lagi? Alex Hirano bikin aku klepek-klepek, Mia Clark bikin aku jatuh sayang. Dan selama baca novel ini, mau nggak mau aku jadi terus ngebayangin muka kiyutnya Herjunot Ali yang meranin Alex Hirano di versi layar lebarnya. Haha…

090256100_1439372275-sby_1

Duh, Bang Junooot >_<

Anyway, aku jadi ngerti kenapa novel-novel Ilana Tan selalu jadi best-seller. Sunshine Becomes You, meskipun mellow dan agak-agak klise, ceritanya indah. Jalinan kisahnya mengalir dengan cantik dan natural. Dan aku paling suka dengan hubungan Alex dan Mia yang berkembang secara alami. No fancy words, no exaggerated romantic scenes ala-ala drama Korea. Namun demikian, aku tetap ikutan berdebar-debar saat Alex dengan santainya bilang kalau dia mau menikah dengan Mia.

“Kurasa satu-satunya hal yang bisa membuatku memanggilmu nama depanmu adalah kalau kau menikah denganku.”

Kali ini Mia merasa jantungnya melonjak dan ia menatap Alex dengan mata melebar kaget.

Alex balas menatapnya sambil tersenyum lebar. “Kalau itu terjadi, berarti kau menjadi Mia Hirano. Dan saat itu aku tidak mungkin memanggilmu dengan nama belakang, bukan?”

Mia tidak berkata apa-apa. Ia tidak sadar dirinya menahan napas. Ia hanya tahu jantungnya mendadak berdebar begitu cepat dan keras sampai ia takut akan mendapat serangan lagi.

Terus, di novel ini juga nyaris nggak ada pernyataan β€˜aku cinta padamu’, β€˜I love you’, β€˜saranghae’, β€˜wo ai ni’ de el el de es be ge yang biasanya selalu menghiasi novel-novel roman. Namun, ketiadaan ungkapan cinta tersebut justru menjadikan keseluruhan cerita Alex dan Mia ini semakin indah. Di sini Ilana Tan membuktikan bahwa cinta tidak selalu harus diungkapkan dengan kata-kata manis dan sendu mendayu-dayu. Justru, cinta yang diungkapkan melalui sikap dan perbuatan itu lebih bermakna dan mengena di hati. Walaupun kalau disuruh milih sih, aku tetap aja mau suamiku nyatain cinta lewat kata-kata πŸ˜€

Untuk plotnya sendiri memang lambat khas novel-novel roman dan cenderung membosankan. Kamu nggak bakalan deh nemu adegan ciat, ciat dalam novel ini. Ya jelas donk ah, emangnya novel silat pakek ciat, ciat segala. Bagi yang bukan penggemar cerita roman, mungkin novel ini bakalan bikin kamu ketiduran saking bosannya, tapi buat penggemar cerita cinta, novel ini akan membuatmu mendesah penuh khayal, membayangkan ada sosok coolΒ seperti Herjunot Ali, eh, Alex Hirano yang jatuh cinta padamu. Setidaknya, itu yang terjadi padaku.

β€œAku tidak bisa menunjukkan kelemahan seperti itu di hadapannya. Dia membutuhkan seseorang yang bisa mendukungnya, seseorang yang bisa membantunya ketika dibutuhkan, yang bisa diandalkannya, seseorang yang bisa meyakinkannya bahwa segalanya akan baik-baik saja. Jadi kuputuskan aku harus menjadi orang seperti itu.” Alex menoleh ke arah Ray dan tersenyum samar.

Sejenak Ray tidak bisa berkata apa-apa, hanya bisa terpana dalam diam ketika menyadari perasaan Alex. β€œKau… sangat mencintainya, bukan?”

Alex mengerjap. Matanya yang muram terlihat berkaca-kaca ketika menggumamkan dua patah kata dari dasar jiwanya dengan lirih. β€œSepenuh hati.”

…

…

…

Nggggg… bentar ya, aku mau meleleh dulu. Nggak ku-ku sama jawaban Alex yang ooohhh… :3

Nabilah-JKT48-dan-Herjunot-Ali-dalam-film-Sunshine-Becomes-You

Overall, buku ini memang recommended buat pecinta novel roman, walaupun pilihanku tetap pada novel-novel dengan happy-endingΒ siiih.Β Dan meskipun di bagian akhirnya bikin termehek-mehek, buku ini cukup menghibur kok. Bisa lah dijadikan teman untuk menghabiskan waktu santai di akhir pekan.

My rate:Β β™₯β™₯β™₯β™₯ (4 of 5)

Until my next post,

Gita

*Pictures credit to Google Images.

One thought on “[Resensi] Sunshine Becomes You by Ilana Tan

  1. Ping-balik: [Chit-Chat 3] Book Haul Jan-Feb 2017 | Rak Novel Gita

Tinggalkan Balasan

