[Resensi] Blogtour + Giveaway: Puzzle of Lies by Kim Eun Jeong

“…Entah apakah orang lain mmenyadari hal ini, tapi aku tetap harus mengenakan setelan bermerek agar tetap terlihat seperti kesatria hebat yang siap terjun ke dalam berbagai kasus, meskipun sebenarnya kesatria itu mengejar materi dan tidak terlalu memperhatikan kebenaran dan keadilan.” -Jo Yun Geon

img_20170115_140701

Detail Buku
Genre: adults, romance
Penerbit: Haru
Penerjemah: Putu Pramania Adnyana
Penyunting: Selsa Chintya
Proofreader: Titish A.K
Terbit: Desember 2016
Bahasa: Indonesia
Jumlah halaman: 580
ISBN: 9 786026 383037

Blurb

Namaku Jo Yun Geon, seorang pengacara.

Beberapa hari yang lalu, Mi Hyang, temanku saat kuliah, tiba-tiba menelepon ke kantor biro hukum tempatku bekerja. Dia adalah seorang hakim dan hubungan kami sedikit rumit.

β€œAku ingin kau menjadi wali,” kata Mi Hyang. β€œNamanya Dan Tae, anak laki-laki, usia sembilan tahun.”

Sialnya, aku tidak bisa menolak saat tiba-tiba anak laki-laki itu datang ke apartemenku dan harus tinggal denganku.

Selesailah sudah kehidupan single-ku yang bebas.

>>><<<

img_20170115_153353_033

β€œβ€¦Memangnya keadilan dan kebenaran itu penting kalau menyangkut harta warisan? Satu-satunya yang penting hanyalah tanda tangan asli dari pemilik harta yang sudah hampir mati itu.” –Jo Yun Geon, hlm. 5.

Jo Yun Geon adalah seorang pengacara spesialis penanganan harta warisan. Suatu hari, dia mendapatkan seorang klien, yaitu seorang pria konglomerat yang sudah tua. Sang konglomerat, Tuan Ho Myeong So, meminta Yun Geon untuk menjadi walinya dan menyatakan bahwa dia tidak mau mewariskan sepeser pun hartanya kepada anak-anaknya. Awalnya, Yun Geon hendak menolak permintaan tersebut, tapi ketika bapak tua itu berjanji untuk memberikan lima persen hartanya kepada Yun Geon sebagai imbalan atas bantuannya, Yun Geon langsung manut. Haha…

Tuan Ho meminta Yun Geon untuk merekam seluruh aktivitasnya setiap hari kalau-kalau ada yang ingin membahayakan nyawanya. Sang konglomerat berkata bahwa dia ingin kematiannya terekam dengan jelas. Permintaan yang aneh sekali, tapi karena Yun Geon sudah terbiasa berhadapan dengan klien-klien yang unik, maka dia menyanggupi permintaan bapak tua itu.

Di saat yang bersamaan, Yun Geon dimintaβ€”errr, dipaksa, sebenarnyaβ€”oleh teman lamanya, Mi Hyang untuk menjadi wali dari seorang anak laki-laki berusia sembilan tahun yang mengaku telah mengalami pelecehan seksual. Yun Geon terang saja menolak. Dia ini bujangan tulen. Tidak ada tempat untuk anak-anak di dalam rumahnya, dan kehidupannya. Namun dia tidak bisa mengelak lagi ketika anak itu diantarkan langsung ke depan pintu apartemennya. Dengan amat sangat terpaksa, Yun Geon menerima anak itu untuk tinggal bersamanya.

Yun Geon tidak suka anak-anak. Itulah sebabnya dia bersikap dingin pada Dan Tae, nama anak itu. Apalagi, dengan melihat Dan Tae yang tidak memiliki ibu, Yun Geon seakan diingatkan lagi pada dirinya sendiri yang tumbuh besar tanpa kasih sayang orang tua. Ini membuatnya semakin sebal dengan anak itu.

β€œTidak menikah sepertinya merupakan keputusan yang baik di kehidupanku ini. Aku merasa bersyukur sekali karena tidak memiliki anak. Seandainya aku memiliki anak, pasti keadaan gawat darurat seperti ini akan lebih sering terjadi daripada jumlah waktu makanku sehari-hari.” –Jo Yun Geon, hlm. 42.

Keadaan ini juga membuatnya harus bertemu lagi dengan para wanita dari masa lalunya, yaitu Hakim Go Mi Hyang dan Jaksa Na In Yeong. Yun Geon betul-betul tidak ingin bertemu dengan mereka lagi. Pertemuan dengan kedua wanita itu sekaligus membawa kembali kenangan cinta pertamanya yang sangat ingin dia lupakan.

β€œβ€¦Mereka itu bagai permen peppermint yang dimuntahkan karena menyangkut di leher. Leher memang terasa sakit, tapi rasa permen itu tetap enak. Rasanya aneh kalau harus memankan kembali permen yang sudah dimuntahkan, bukan berarti aku tidak merasa sayang karena harus membuang permen itu.” –Jo Yun Geon, hlm. 18.

Euwwwww… -_-

Sementara itu, sidang kasus pelecehan seksual yang dialami oleh Dan Tae mulai bergulir. Ada beberapa kejanggalan dalam kasus ini. Yun Geon dan Jaksa Na In Yeong meragukan cerita Dan Tae, tetapi anak itu bersikeras bahwa apa yang dia nyatakan adalah benar. Di sinilah naluri pengacara Yun Geon tergelitik. Dia berusaha menggali kasus itu lebih dalam untuk mendapatkan kebenaran. Ada apa sebenarnya di balik kasus ini? Apakah Dan Tae benar-benar mengalami pelecehan seksual? Ataukah dia berbohong? Kalau memang dia berbohong, apa motifnya?

>>><<<

img_20170117_111327_697

Ini buku serba pertama buatku. Buku pertamaku di tahun 2017, karya Kim Eun Jeong sekaligus buku Penerbit Haru pertama yang aku baca ^_^

Sejak pertama baca blurbΒ­-nya aku memang sudah dibikin penasaran sama buku ini. Apalagi judulnya mengandung kata puzzle. Dalam bayanganku, novel ini pasti berisi teka-teki yang minta dipecahin (kaca kaliii, dipecahin :v ).

Plot cerita dalam novel ini maju-mundur dengan sudut pandang orang pertama. Beberapa bagian menceritakan masa lalu Yun Geon, terutama menyangkut cinta pertamanya, Eun Je. Karena ini adalah cerita drama dengan bumbu romance, jadi alurnya lambat banget. Terus terang aku agak tertatih-tatih membaca novel ini. Selain karena bukunya yang tebal banget, narasinya lebih banyak menceritakan keseharian para tokoh dan pergolakan batin sang tokoh utama. Saranku sih kalau baca buku ini usahakan dalam keadaan tenang dan santai, karena dibutuhkan fokus untuk mengikuti alur berpikir sang tokoh utama. Jangan kayak aku, bacanya sambil momong bayi yang lagi jejeritan. Nggak nyambung, Jeng πŸ˜€

Meski plotnya lambat, ceritanya nggak bisa ditebak. Sepanjang cerita aku berteori macam-macam, tapi ternyata dugaanku salah semua. Kim pinter banget menyesatkan pembaca. Tapi, aku salut dengan Kim, karena alur yang lambat ini tidak membuatku bosan. Sebaliknya, rasa penasaranku semakin meningkat seiring dengan bertambahnya jumlah halaman yang kubaca. Sejumlah pertanyaan yang selalu dikemukan oleh Yun Geon di sepanjang cerita seakan mendesakku untuk terus dan terus membalik halaman demi halaman untuk mendapatkan jawaban dari semua pertanyaan tersebut.

Sisi romansanya cukup membuatku terhibur. Karena para tokoh adalah orang-orang yang sudah dewasa, maka mereka mengungkapkan perasaan mereka dengan dewasa pula. Aku suka dengan Na In Yeong yang dengan gamblang menyatakan keinginannya untuk kembali menjalin hubungan dengan Yun Geon. Meskipun pada awalnya Yun Geon enggan untuk berhubungan lagi dengan In Yeong, aku senang dia tidak menghindari wanita itu.

β€œMasa lalu itu hanya terhenti sejenak. Apa susahnya menyambungnya kembali?”–Na In Yeong, hlm. 203.

Karena ini adalah buku Kim Eun Jeong-ku yang pertama, jadinya aku nggak bisa membandingkannya dengan karya-karyanya yang sebelumnya. Tapi dari hasil aku googling, sepertinya Puzzle of Lies memang menyajikan tema yang sangat berbeda dari beberapa novelnya yang sudah lebih dulu diterjemahkan oleh Penerbit Haru. Novel Puzzle of Lies ini menyuguhkan tema yang berat seperti isu pelecehan seksual, perebutan harta warisan, dunia hukum dan profesi di dalamnya, sampai dengan upaya pembunuhan. Ingatan Yun Geon akan cinta pertamanya yang hilang serta penyesalannya yang mendalam juga memberikan emosi yang kuat pada novel ini.

Karakter

Jo Yun Geon, sang tokoh utama, awalnya digambarkan sebagai sosok yang sinis, dingin, dan hanya peduli pada dirinya sendiri. Sebagai seorang pengacara, menurutku dia tidak punya idealisme sama sekali. Pokoknya, segala sesuatu dia ukur hanya berdasarkan untung dan rugi. Tapi, sifat jeleknya itu mulai berubah saat menjalani hari-harinya bersama Dan Tae. Yun Geon menjadi semakin hangat dan sabar, dan kebaikan yang sebenarnya ada di dalam dirinya pun semakin lama semakin terlihat. Ah, anak kecil memang sering membawa keajaiban bagi orang dewasa di sekitarnya.

Ahn Dan Tae, bocah yang baru berumur sembilan tahun ini cerdas dan terbilang sangat dewasa untuk ukuran anak seusia dirinya. Dia mampu mengimbangi Yun Geon ketika mendiskusikan kasus pelecehan seksualnya. Dia bahkan berani menghadapi kemungkinan kalah di persidangan nanti. Namun, bocah tetaplah bocah. Dan Tae bisa tertawa ceria, bermanja-manja, dan merajuk layaknya anak kecil. Tingkahnya polos dan menggemaskan.

Surat Dan Tae untuk Yun Geon. Omo! Menggemaskan sekali >.<

Na In Yeong adalah mantan pacar Yun Geon. Dia seorang jaksa yang penampilannya tidak mirip jaksa sama sekali. Meskipun sudah lama putus, sepertinya In Yeong masih berharap dia dan Yun Geon bisa berhubungan kembali. In Yeong adalah wanita yang cerdas, tapi dia juga perhatian sekali sama Yun Geon. Awalnya kukira dia ini tipe-tipe cewek nyebelin. Ternyata dia baik banget.

Go Mi Hyang bisa dibilang salah satu teman dekat Yun Geon semasa kuliah dulu. Dia juga mengetahui masa lalu Yun Geon dan Eun Je. Mi Hyang selalu bersikap galak pada Yun Geon karena dia menganggap Yun Geon telah menyakiti Eun Je. Ah, persahabatan antarwanita memang menyentuh sekali.

Ahn So Ni adalah ayah Dan Tae. Dia ini seorang konduktor yang terkenal dan sering bepergian ke luar negeri. So Ni adalah jenis pria yang mencintai keluarganya. Dia sayang banget sama Dan Tae. Setiap kali membaca interaksi So Ni dan Dan Tae, aku jadi meleleh. Sweet banget, soalnya.

Ending

Jujur, awalnya aku agak ketar-ketir menghadapi ending novel ini. Secara tau sendiri kan, drama Korea suka bikin patah hati gitu ending-nya. Tapi, alhamdulillah, aku puas sama akhir novel ini.

Alih bahasa dan desain cover

Dalam segi terjemahannya, menurutku cukup baik. Ada beberapa bagian yang membuatku harus berkali-kali membacanya untuk menangkap makna kalimat tersebut. Aku rasa ini karena aku belum terbiasa membaca novel terjemahan selain terjemahan Bahasa Inggris, makanya aku agak kagok dengan gaya penceritaannya.

Untuk desain cover, aduh maaak, cakep banget iniiih. Manis banget buat feeds Instagram. Penerbit Haru emang jawara bikin cover yang unyu-unyu kayak gini #gemesh.

Overall

Aku cukup puas dengan novel ini. Bangunan cerita, penokohan, romansa, teka-teki, hingga ending-nya. Aku merekomendasikan buku ini untuk pembaca delapan belas tahun ke atas, karena temanya agak terlalu berat untuk pembaca remaja. Terus, kalau kamu penggemar cerita drama keluarga dengan bumbu romance ala-ala drama Korea, buku ini cocok banget buat kamu.

My rating: β™₯β™₯β™₯β™₯Β of 5

Terima kasih untuk Penerbit Haru karena sudah memberikan kesempatan padaku untuk meresensi novel keren ini.Β Happy birthday, wish you all the best ^_^

 

banner-blogtour-puzzleoflies

Sudah siap buat ikutan giveaway-nya? Oke. Jadi, blogtour + giveaway ini diadakan serentak hari ini di lima blog untuk merayakan ultah Penerbit Haru yang keenam. Hadiahnya adalah satu buah novel di masing-masing blog. Jadi, akan ada lima orang beruntung yang akan mendapatkan novel Puzzle of Lies gratis persembahan dari Penerbit Haru. Baik banget kan ya Penerbit Haru ^^

Jadi, ini yang harus kamu lakukan.

1. Follow akun IG @penerbitharu,Β Twitter @penerbitharu, DAN/ATAUΒ FP Penerbit Haru.

2. Follow akun IG @gitaputeri.y DAN/ATAU FB Gita Puteri Yani (please do not follow to unfollow. If you do, I’ll be so so sad 😦 )

3. Follow blog Rak Novel Gita melalui wordpress atau email.

4.Β ShareΒ artikel ini ke medsos kamu denganΒ hashtagΒ #PuzzleofLies, #Haru6ig, danΒ #GAPuzzleRakNovelGita.

5. Khusus untuk pengguna IG,Β repost foto novel Puzzle of Lies yang aku posting hari ini (18 Januari 2017).

6. Unggah foto kamu bersama ucapan ulang tahun untuk Penerbit Haru di medsosmu.

7. Di captionΒ­-nya, tuliskan:

  • Doa dan harapanmu untuk Penerbit Haru.
  • Rekomendasikan minimal DUA (2) judul yang sudah diterbitkan oleh Penerbit Haru untuk aku baca beserta alasannya. Kalau kamu belum pernah baca buku dari Penerbit Haru, boleh juga rekomendasiin yang dari Penerbit Spring atau Penerbit Inari.
  • Sertakan hashtag #PuzzleofLies, #Haru6ig, dan #GAPuzzleRakNovelGita.
  • Tag aku dan Penerbit Haru di foto kamu.

8. Tuliskan data diri sebagai berikut di kolom komentar di bawah ini.

  • Nama:
  • Nama akun medsos:
  • LinkΒ foto:
  • Link artikel:

9. Giveaway ini akan DITUTUP pada tanggal 22 Januari 2017 pukul 23.59 WIB.

10. Pemenang akan secepatnya aku umumkan di blog ini.

Oya, kamu juga bisa cek resensi dariΒ host blogtourΒ lainnya di blogΒ Gea, Tya, Ratna, dan Nay

That’s all. Semoga beruntung ^_^

Gita

Iklan

10 thoughts on “[Resensi] Blogtour + Giveaway: Puzzle of Lies by Kim Eun Jeong

  1. Nama: Kiki Suarni
    Twitter: @Kimol12
    FB: Kiki Molly’s
    Link artikel: https://twitter.com/Kimol12/status/822288417304158209
    Link foto: https://twitter.com/Kimol12/status/822291406588739584

    Saya rekomendasikan novel series karya Jenny Han yang diterbitkan Penerbit Spring (HARU GROUP)
    > To All The Boys That I’ve Loved Before
    > P.S. I Love You
    > Always and Forever Lara Jean ( versi engglish akan segera terbit mudah-mudahan secepatnya bisa terbit di HARU GROUP).

    Karena novel ini sangat menyenangkan dibaca. Ceritanya paket lengkap saya rasa, karena ada cinta, persahabatan dan keluarga. Membaca novel Jenny Han ini membuat saya merasakan kembali serunya cinta masa sekolah.

    Terima kasih.
    #HARU6IG

    Suka

  2. Nama : Ervan setiawan
    Aku medsos :

    Fb : Ervan edge
    Twitter : @ervanedge
    IG : @ervanedge

    Link foto :
    1. http://i.imgur.com/GciC4Xd.jpg
    2. http://i.imgur.com/R2wlcr8.jpg

    Link artikel :

    Di twitter

    https://mobile.twitter.com/ervanedge/status/822653934116474881?_e_pi_=7%2CPAGE_ID10%2C1867951711

    Penerbit Haru :
    1. The Chronicles of Audy: O2 by Orizuka
    Alasanya :
    Bukan buku biasa emang favorit, jalan ceritanya yg bkin ketagihan baca,
    Dan emang bukunya Best Seller

    2. Secretly Married by ForgottenGlimmer
    Alasanya :
    Ini kisah cinta Remaja masih muda kisah cinta yg rumit penuh tantangan dan tokohnya unyu2 gtu, kisahnya mirip Cat & Dog

    Penerbit spring :

    1. P.S. I Like You by Kasie West
    Aku suka ada humorisnya
    Dan tetap kuat dari tekanan para pembullynya, krna aku pernah ngerasain di bully 😦

    2. Everything, Everything by Nicola yoon
    Direkomendasikan untuk: 15+, orang-orang berjiwa muda
    yang ingin diingatkan bahwa hidup adalah sebuah berkah.
    Hidup itu adalah kenikmatan
    Baca buku ini jdi lebih bermakna arti kehidupan .

    Penerbit Inari :

    1.Dear Nathan by Erisca Febriani
    Alasanya :
    Novel pertamanya ,wihh baper bnget pkoknya :v smpat booming jga.

    2. Serendipity by Erisca Febriani
    Alasanya :
    Klo ini Novel keduanya cman agak mellow bda dgn Novel pertamanya
    Kutipan mnyntuh skali suka bngett.

    Suka

  3. Ping-balik: [Chit-Chat 2] Book Haul Jan-Feb 2017 | Rak Novel Gita

  4. Ping-balik: [Chit-Chat 3] Book Haul Jan-Feb 2017 | Rak Novel Gita

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s